5 Langkah Melakukan Test Drive Pada Mobil Second dengan Tepat


Membeli mobil second bisa jadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang sudah lama ngebet untuk memiliki kendaraan sendiri, namun terbatas akan biaya, karena memang pada dasarnya bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya harga kendaraan khususnya adalah mobil baru di pasaran cukup mahal. Apalagi yang berasal dari brand-brand ternama tertentu, bisa sampai milyaran rupiah. Untuk itulah membeli mobil bekas ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik, apalagi di pasaran sendiri juga banyak yang menjualnya, Anda bisa mendapatkannya dari showroom atau langsung ke pemilik pertama, sehingga bisa dapatkan harga yang jauh lebih terjangkau.



Hanya saja sudah pasti meskipun dari segi harganya sendiri cenderung lebih murah, namun tetap ada resiko yang mungkin Anda rasakan jika seandainya membeli kendaraan second. Seperti jika seandainya salah pilih maka akan mendapatkan yang kualitasnya tidak terlalu bagus, bahkan sering mengalami masalah sehingga Anda harus keluar biaya ekstra untuk kebutuhan perbaikan atau perawatannya. Resiko yang lainnya adalah membeli kendaraan ilegal yang memungkinkan Anda berurusan dengan hukum.

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membeli mobil second diantaranya adalah dengan melakukan test drive, istilah yang tentunya sudah sering Anda dengar bukan. Yaitu sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana performa kendaraan, dengan mengendarainya secara langsung. Namun dalam melakukan test drive juga tidak bisa dilakukan sembarangan, berikut ini aturan-aturan yang harus Anda ikuti, agar dapatkan hasil yang optimal, yaitu:

  1. Atur posisi dengan tepat, ketika akan berkendara agar nantinya Anda mendapatkan kenyamanan yang pas, maka harus mengatur posisi secara benar. Aturlah posisi naik turun pada bagian setir agar badan dan juga tangan nantinya benar-benar pas. Hal ini juga sangat bagus untuk mengoptimalkan fungsi mesin agar bisa bekerja dengan baik.
  2. Nyalakan mesin, setelah itu mulailah dengan menyalakan mesin. Jangan langsung menstarter kendaraan tersebut, melainkan tinggalkan terlebih dahulu pada posisi ON, kemudian perhatikan pada lampu indikatornya, apakah semuanya menyala atau ada beberapa bagian yang mati, ini dapat dijadikan sebagai indikasi bagaimana kondisi kendaraan tersebut, apakah ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki ataukah tidak.
  3. Dengarkan bunyi mesin, suara dari mesin kendaraan juga jadi salah satu komponen penting yang digunakan untuk mengetahui kondisinya. Jika seandainya suara mesin kendaraan normal atau tidak berisik artinya setiap komponen mesin yang ada di dalam kendaraan tersebut bekerja dengan baik. Namun jika sebaliknya, suara mesin menjadi bising atau berisik, maka kemungkinan ada bagian yang mengalami masalah.
  4. Periksalah bagian transmisi, pastikan untuk mengecek bagian yang satu ini, entah itu pada mobil matic maupun manual, setidaknya pindahkan ke berbagai arah, karena memang hal ini ditujukan untuk mengetahui apakah kondisinya masih benar-benar baik ataukah tidak, apakah ada yang menyangkut atau tetap ringan-ringan saja digunakan.
  5. Mulailah dalam menjalankan kendaraan atau test drive, dari sini nantinya Anda dapat merasakan sendiri bagaimana tarikan dari mobil tersebut dan kenyamanannya. Jika ada bunyi-bunyi yang tidak nyaman juga gejolak-gejolak ketika sedang berkendara.

Mudah bukan, test drive ini bisa dilakukan sendiri, namun jika seandainya Anda masih cukup awam untuk pengetahuan mengenai kendaraan. Maka tak ada salahnya untuk mengajak sahabat, kemudian juga keluarga atau bahkan montir untuk melakukan test drive mobil second ini, sehingga nantinya tidak ada kecewa.